Vaksin Monkeypox Akan Tiba Bulan Oktober, Siapa Sasarannya?

11
Vaksin Monkeypox Akan Tiba Bulan Oktober, Siapa Sasarannya?

Vaksin monkeypox alias cacar monyet dikabarkan akan tiba di Indonesia pada akhir bulan Oktober 2022. Informasi ini langsung diumumkan oleh dr. Siti Nadia selaku Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes.

“Vaksin monkeypox lagi dipesan, kan kita pesan 2.000 tapi kita datangin 1.000 dulu otw Oktober tapi ini masih belum tahu Oktober akhir atau awal, kayaknya akhir,” ujar Nadia saat ditemui wartawan di Kompleks DPR-RI, Selasa (20/9/22).

Vaksin Monkeypox Akan Tiba Bulan Oktober, Siapa Sasarannya?

Vaksin monkeypox sendiri dipesan dari Bavarian Nordik, Denmark. Namun, vaksin tidak langsung tiba seluruhnya, 1.000 dosis vaksin akan tiba lebih dulu dan 1.000 sisanya menyusul. Selain itu, tidak semua masyarakat akan dapat, vaksin ini nantinya akan diberikan ke kelompok berisiko terlebih dahulu.

Sasaran vaksin monkeypox sendiri yaitu orang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien monkeypox atau yang memiliki kontak rutin dengan hewan yang dapat terinfeksi. Dibuatnya target khusus ini karena produksi vaksin monkeypox yang terbatas.

Vaksin Monkeypox Akan Tiba Bulan Oktober, Siapa Sasarannya?

“Iya karena kalau umum belum ada manfaatnya karena kita sudah smallpox. Rekomendasinya kan smallpox bisa juga mengurangi penyebaran monkeypox. Malah mungkin nanti smallpox yang justru kita kejar,” kata Nadia.

Selain itu, tenaga kesehatan yang juga berisiko terinfeksi Monkeypox juga perlu menerapkan prosedur PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi). Kemudian, bayi baru lahir, anak-anak, dan orang dengan gangguan kekebalan tubuh berisiko mengalami gejala-gejala lebih serius dan kematian akibat monkeypox.

Baca Juga: Selama lebih Dari 4 Tahun, Kevin/Gideon Turun Dari Peringkat Satu Dunia

Meski baru satu orang yang terkena cacar monyet di Indonesia, pemerintah berupaya untuk mencegah menyebarannya dengan memesan vaksin monkeyfox untuk disalurkan kepada orang yang berisiko terpapar. Bagaimana tanggapan elo Hard Rockers?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto