Winamp Player Comeback, Rilis Versi Terbaru

12

Hard Rockers, ada yang masih ingat dengan media legendaris Winamp? Baru-baru ini Winamp merilis versi terbaru. Versi baru Winamp ini ternyata telah dikembangkan selama empat tahun.

Dalam lama resmi Winamp.com, Winamp meluncurkan versi 5.9 RC1 Build 9999. Versi terbaru dari Winamp ini sempat mengalami penundaan dikarenakan pandemi Covid-19.

“Ini adalah puncak dari kerja 4 tahun sejak rilis 5.8. Dua tim pengembang, dan periode jeda yang disebabkan oleh pandemi,” tulis Winamp di press release.

Dalam Winamp versi terbarunya, dibutuhkan operating system (OS) dari komputer yang sudah menggunakan Windows 7 SP1 atau yang lebih baru. Sementara untuk komputer yang masih menggunakan Windows XP dan Vista, udah gak bisa menggunakan Winamp versi 5.9 RC1 Build 9999.

Tujuan utama dalam perilisan WInamp terbaru ini adalah memutakhirkan basis kode dari Visual Studio 2008 ke Visual Studio 2019.

“Bagi pengguna akhir, ini mungkin gak terlihat seperti ada banyak perubahan, namun bagian terbesar dan tersulit sebenarnya adalah memindahkan seluruh proyek dari VS2008 ke VS2019 dan membuat semuanya berhasil dibangun,” tambahnya.

Winamp pun akan lebih berfokus untuk menambahkan fitur serta memoderinasi Winamp sebagai pemutar media.

“Dasarnya sekarang telah diletakkan, dan sekarang kami dapat lebih berkonsentrasi pada fitur. Baik memperbaiki/mengganti yang lama atau menambah yang baru,” tulis Winamp.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah