Bos WhatsApp: Silahkan Pindah ke Platform Lain, Asal Jangan Telegram!

78
Bos WhatsApp: Silahkan Pindah ke Platform Lain, Asal Jangan Telegram!

Bos WhatsApp, Will Cathcart, memperingati kepada pengguna internet untuk gak memakai Telegram. Ia justru gak masalah jika pengguna gak menggunakan WhatsApp, asalkan bukan Telegram.

Adu mulut kembali terjadi antara petinggi teknologi. Bos WhatsApp, Will Cathcart, baru-baru ini menyampaikan kritikannya kepada platform Telegram.

Bos WhatsApp: Silahkan Pindah ke Platform Lain, Asal Jangan Telegram!

Will Cathcart mengungkapkan bahwa Telegram gak aman untuk dipakai pengguna internet karena gak didukung end-to-end encryption secara default. Hal ini merujuk pada artikel Wired berjudul ‘The Kremlin Has Entered the Chat’.

“Telegram tidak dienkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption) secara default dan tidak ada untuk grup. Dari artikel: ‘Telegram punya kapasitas membagikan hampir seluruh informasi rahasia yang diminta pemerintah’,” jelasnya.

“Protokol end-to-end encryption tidak punya verifikasi independen. Sehingga obrolan rahasia di Telegram yang katanya aman bisa saja disadap pihak ketiga,” ia menuturkan.

Baca Juga: Melihat Spirit Pegasus Live-action Saint Seiya: The Beginning 2023!

Bahkan, Cathcart gak mempermasalahkan jika pengguna internet beralih dari WhatsApp ke platform lain, asal jangan menggunakan Telegram.

“Saya sadar bahwa beberapa orang akan mengatakan saya tertarik mengkritik Telegram. Namun ada banyak aplikasi pesan yang bisa dipilih. Jika tidak menggunakan WhatsApp, gunakan salah satu dari mereka, jangan gunakan Telegram,” kata Cathcart.