Ciri-ciri Orang Melek Finansial yang Perlu Ditiru

153
Ciri-ciri Orang Melek Finansial yang Perlu Ditiru

Mengatur keuangan sudah menjadi tuntutan alami saat seseorang sudah dewasa. Namun dalam mengelola uang, tidak bisa dilakukan dengan cara yang asal-asalan, melainkan harus bisa mengatur dan berfikir jangka panjang tentang keuangan alias melek finansial. Berikut ciri-ciri melek finansial yang perlu ditiru.

Disiplin menyisihkan penghasilan

Ciri-ciri Orang Melek Finansial yang Perlu DitiruMenyisihkan secara disiplin sebagian uang untuk menbung merupakan ciri utama dari orang yang melek finansial. Pasalnya jika lo hanya menyisihkan uang tanpa adanya kedisiplinan, maka hasil yang diperoleh tidak akan maksimal. Berapapun jumlah uangnya jika dilakukan dengan konsisten maka hasil yang diperoleh akan maksimal.

Mulai berinvestasi

Ciri-ciri Orang Melek Finansial yang Perlu DitiruOrang yang melek finansial tidak ragu untuk menginvestasikan sebagian hartanya. Investasi ini tidak melulu berupa uang melainkan bisa juga berbentuk barang. Pilihan investasi selain uang bisa dengan emas atau sebidang tanah. Bahkan tidak jarang ada yang berinvestasi melalui instrumen yang sah dan legal. Tentunya yang terpercaya untuk mengelola hal tersebut.

Punya tujuan jelas

Ciri-ciri Orang Melek Finansial yang Perlu DitiruMengetahui tujuan pengelolaan keuangannya juga menjadi salah satu orang yang melek finansial dan patut kita tiru. Seperti mengembangkan usaha, membeli kendaraan atau bahkan rumah impian. Semua itu sudah jelas direncanakan. Jadi, dengan demikian keuangan bisa lebih teratur pengelolaannya.

Memiliki asuransi

Ciri-ciri Orang Melek Finansial yang Perlu DitiruMereka yang melek finansial akan mendaftarkan asuransi untuk kepentinga jangka panjang dan hal tidak terduga. Entah itu jaminan hari tua, kesehatan, mupun pendidikan anak. Hal ini dikarenakan mereka telah paham betul bahwa tabungan dan investasi bisa saja tidak maksimal.

Pada akhirnya orang yang sudah melek finansial akan memiliki kualitas hidup baik. Hal ini karena mereka sudah memperhitungkan secara matang untuk mengola keuangannya. Tidak heran jika lo menemukan orang dengan kualitas hidup yang lebih baik  maka mereka sudah melek secara finansial. Hal di atas bisa lo tiru Hard Rockers guna menata hidup lebih baik lagi.

 

Penulis: Fadia Syah Putranto