Ed Sheeran Beri Kesaksian Lagu “Thinking Out Loud” Gak Menjiplak

233
Ed Sheeran Beri Kesaksian Lagu

Ed Sheeran hadir langsung dalam persidangan kasus dugaan pelanggaran hak cipta lagu “Thinking Out Loud”. Sidang tersebut resmi digelar pertama kali di pengadilan federal Manhattan, Selasa (25/4) waktu AS.

Ed Sheeran dituduh melanggar hak cipta lagu “Thinking Out Loud” atas lagu klasik Marvin Gaye yang berjudul Let’s Get it On. Lagu “Thinking Out Loud” diduga menjiplak lagu Let’s Get it On yang dibuat tahun 2014 silam.

Ed Sheeran Beri Kesaksian Lagu "Thinking Out Loud" Gak Menjiplak

Sidang in dibuka dengan memutar lagu Thinking Out Loud dan Let’s Get it On. Kemudian, pengacara ahli waris Ed Townsend yang adalah rekan penulis lagu Marvin Gaye, Ben Crump memperlihatkan video untuk menguatkan tuduhannya tersebut.

Video yang ditunjukkan Ben Crump ini salah satunya yang menampilkan Ed Sheeran yang diduga membuat mash up Thinking Out Loud dan Let’s Get it On pada 2014. Video ini jadi bukti dalam persidangan atas dugaan Ed Sheeran melakukan penjiplakan.

Namun, hal ini dibantah oleh Ed Sheeran dalam kesaksiannya. Ed Sheeran mengaku bahwa telah melakukan mas up dalam beberapa lagu ketika konsernya.

Pelantun “Perfect” itu menilai jika banyak lagu yang memiliki kemiripan dalam chord, tanpa bermaksud untuk menjiplak. Hal inilah yang menurutnya tidak melanggar hak cipta.

“Saya memadukan lagu dalam berbagai pertunjukan. Banyak lagu memiliki chord yang mirip,” ujar Sheeran dalam kesaksiannya.

“Kalian bisa beralih dari Let it Be ke No Woman No Cry dan beralih lagi.” ucapnya.

Baca Juga: Wiz Khalifa Kolab Bareng Mia Khalifa Rilis Produk Ganja

Ed Sheeran Beri Kesaksian Lagu "Thinking Out Loud" Gak Menjiplak

Ed Sheeran menekankan jika ia memang menjiplak lagu Let’s Get it On, maka aneh rasanya ia mash up dua lagu, Thinking Out Loud dan Let’s Get it On di atas panggung.

“Dan sejujurnya, jika saya melakukan apa yang Anda tuduhkan, saya akan sangat bodoh untuk berdiri di atas panggung di depan 20 ribu orang dan melakukan itu,” ucap Sheeran.

Persidangan nantinya akan berlanjut ke fase kedua apabila juri memutuskan Ed Sheeran bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta. Hal ini akan menentukan kerugian yang akan ditanggunya serta label apabila terbukti melanggar hak cipta.

LEAVE A REPLY