Gen Z Beralih dari Google ke TikTok untuk Cari Informasi

244
Gen Z Beralih dari Google ke TikTok untuk Cari Informasi

Google telah bertahun-tahun menjadi pusat orang-orang untuk mencari informasi di internet. Namun, hal yang berbeda justru dilakukan oleh Gen-Z alias mereka yang lahir dari tahun 1995-2010, yang mulai meninggalkan Google dan beralih ke TikTok.

Semenjak hadir media sosial, Google gak lagi dijadikan pilihan utama dalam mencari informasi, terutama untuk para Gen-Z. Hal ini berdasarkan data terbaru dari firma riset Morning Consult.

Riset tersebut mengungkapkan bahwa Gen-Z lebih memilih TikTok sebagai sumber pencarian informasi mereka per Februari 2023. Hanya sekitar 39% Gen Z yang  menggunakan Google sebagai pencarian.

Baca Juga: Bikin Penasaran Fans, Hailey Bieber Bocorkan Lagu Baru Justin Bieber

Gen Z Beralih dari Google ke TikTok untuk Cari Informasi

Dalam data tersebut, Gen-Z juga mencari informasi dari sosial media lainnya seperti YouTube dan Instagram.

“Persentase Gen Z yang mencari berita utama di Google Search lebih rendah ketimbang generasi lainnya. Sebagian besar dari mereka memilih TikTok,” demikian dikutip dari laporan Morning Consult, pekan lalu (21/2).

“Namun perlu dicatat bahwa pluralitas orang dewasa Gen Z (39%) masih menunjukkan bahwa Google Search menjadi sarana mengumpulkan informasi berita. Hanya saja kelompok muda ini juga menunjukkan preferensi berbeda untuk mencari berita di TikTok,” demikian isi laporan.

LEAVE A REPLY