Ini Fitur Baru dari Instagram Reels untuk Saingi TikTok

61

Fitur baru telah ditambahkan oleh Meta dalam media sosial Facebook dan Instagram. Penambahan fitur baru ini diyakini buat menyaingi sosial media TikTok yang kini sudah mulai mengusik kedikdayaan Instagram.

Salah satu fitur baru yang kini ada di Instagram adalah penambahan durasi Instagram Reels yang sebelumnya hanya dibatasi 60 detik. Kini, pengguna Instagram dapat membuat video Reels berdurasi 15, 30, 60 hingga 90 detik.

Soal durasi sendiri Instagram terbilang lebih lambat dibandingkan dengan TikTok. TikTok sendiri sebagai pionir video singkat, kini sudah menambahkan batas durasi videonya hingga 10 menit.

Selain durasi, Instagram juga memasukan sejumlah fitur yang ada di Stories ke Reesl, misalnya Poll, Quiz, dan Emoji slider sticker. Instagram Reels kini juga bisa menambahkan audionya sendiri yang tersimpan di galeri untuk background video yang ingin di psoting.

Fitur lainnya yang gak menarik adalah Templates yang kini hadir di Instagram Reels. Dengan adanya fitur Templates ini pengguna tinggal memasukkan konten mereka ke video serta audio yang sudah ada. Jauh sebelum Instagram, TikTok sendiri sudah memiliki fitur Template seperti Instagram Reels ini pada April lalu.

Baca Juga: Serial Stranger Things Season 4 Pecahkan Rekor Jam Tonton di Netflix

Gak hanya Instagram, Meta pun juga memperbarui sejumlah fitur baru di Facebook Reels. Salah satunya fitur Sound Sync, yang dapat secara otomatis menyinkronkan konten video dengan audio di Facebook Reels.

Selain itu, di Facebook Reels lo juga bisa menambahkan voiceover ke video yang telah lo buat. Di Facebook Reels, pengguna juga dapat membuat, mengedit, dan menjadwalkan konten dari desktop.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah