Inilah Cara Mengatasi Baterai iPhone Boros Setelah Update iOS 16

165
Inilah Cara Mengatasi Baterai iPhone Boros Setelah Update iOS 16

Sudah lebih kurang dua mminggu iPhone meluncurkan iOS 16 yang bisa digunakan oleh penggunanya. Akan tetapi, sejumlah pengguna merasa sistem operasi iOS 16 membuat baterai menjadi boros di ponsel mereka.

Seperti dilansir dari 9To5Mac, baterai yang cepat habis sebenarnya adalah hal normal jika pengguna baru memperbarui sistem operasi mereka selama beberapa hari. Hal ini karena iOS melakukan index ulang, foto, aplikasi dll. di background.

Namun, beberapa pengguna justru mengalaminya secara terus menerus setelah dua minggu setelah peluncurannya, ribuan pengguna iPhone masih mengeluhkan hal yang sama. Mereka merasa baterai ‘jebol’ dengan cepat sejak memasang iOS 16.

Pada polling yang dilakukan 9to5Mac, 63 persen pengguna iPhone merasa baterai mereka memburuk setelah memasang iOs16. “Baterai saya habis sangat cepat daripada biasa. Saya bekerja di kantor dan tidak menggunakan ponsel saya dengan sering,” kata salah satu pengguna di Reddit.

Ada beberapa penyebab yang membuat baterai pada iOS 16 terasa boros Hard Rockers, mengutip dari Toms Guide, berikut ini penyebab dan cara mengatasi baterai bocor pada pengguna iOS 16. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Non-aktifkan fitur haptic feedback

Apple telah mengonfrimasi bahwa fitur haptic feedback yang membuat getaran kecil ketika tombol keyboard diketuk dapat menambah penggunaan baterai. Fitur ini didesain untuk memberitahu aktivitas fisik bahwa tombol telah diketuk.

Inilah Cara Mengatasi Baterai iPhone Boros Setelah Update iOS 16

Elo bisa menonaktifkan fitur haptic feedback dengan cara membuka peraturan, kemudian navigasi ke Sounds & Haptics > Keyboard Feedback > matikan toogle haptic dan sound.

Disable Background App Refresh

iOS 16 memiliki fitur Bacground App Refresh yang memungkinkan aplikasi dan game bisa tetap akitf ketika berada di background. Apabila lo punya aplikasi yang menghabiskan persentase baterai, mungkin bisa dinonaktifkan fitur ini untuk menghemat baterai.

Inilah Cara Mengatasi Baterai iPhone Boros Setelah Update iOS 16

Caranya adalah, buka Pengaturan kemudian navigasi ke General > Background App Refresh > pilih aplikasi yang ingin dimatikan background app refresh-nya.

Kurangi Motion dan Nonaktifkan Layanan Berbasis GPS

Penyebab lain baterai boros adalah menghidupkan aplikasi berbasi GPS. Hal ini karena fitur tersebut terus melacak lokasi pengguna dan mengakibatkan konsumsi baterai terus menerus.

Inilah Cara Mengatasi Baterai iPhone Boros Setelah Update iOS 16

Selain itu, mengurangi motion akan mengahapus animasi yang berdampak pada beban prosesor yang lebih ringan. Beban yang lebih ringan dapat meningkatkan masa pakai baterai dan performa iPhone.

Baca Juga: WhatsApp Siapkan Fitur Baru untuk Saingi Zoom

Semoga bermanfaat Hard Rockers!

 

Penulis: Fadia Syah Putranto