Kereta Gantung Menuju Gunung Rinjani Akan Dibangun Tahun Ini

41

Sebentar lagi Taman Wisata Gunung Rinjani (TNGR) akan dilengkapi dengan kereta gantung. Pembangunan kereta gantung menuju Taman Wisata Gunung Rinjani ini bakal dimulai pada akhir tahun 2022 ini.

Sebuah alternatif bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan Gunung Rinjani tanpa harus mendaki kini akan terwujud dengan hadirnya kereta gantung. Proses pembangunan kereta gantung ini akan diawali peletakan batu pertama atau groundbreaking ketika peringatan hari jadi Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Groundbreaking pembangunan kereta gantung Rinjani dimulai pada tanggal 17 Desember bersamaan dengan HUT Provinsi NTB,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lombok Tengah Lalu Wiratama dikutip dari Antara.

Proyek ini akan dibangun di kawasan Desa Karangsidmen, Kabupaten Lombok Tengah, NTB pada akhir tahun ini. Panjang dari kereta gantung Rinjani ini diungkap oleh Lalu Wiratama, akan mencapai sekitar 10 kilometer- 5 kilometer.

Banyak awalnya yang mempertanyakan mengenai pembangunan kereta gantung Rinjani ini apakan bakal merusak kawasan TNGR. Namun dipertegas bahwa lokasi pembangunan dipilih di luar kawasan TNGR.

Dan, untuk mata pencaharian para porter yang membantu para pendaki menaiki gunung Rinjani juga gak akan terganggu. Hal tersebut dikarenakan keduanya memiliki pasarnya sendiri, pencinta alam tentu akan lebih memilih menggunakan porter untuk mendaki ke Gunung Rinjani.

Baca Juga: Pemegang Rekor Manusia Terlama yang Tidak Mandi Meninggal Dunia

Pembangunan kereta gantung menuju kawasan TNGR ini digelontorkan investasi sebesar Rp100 miliar oleh investor asal China.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah