Lagu Terakhir The Beatles Akan Dirilis Menggunakan AI

139
Lagu Terakhir The Beatles Akan Dirilis Menggunakan AI

Kecanggihan teknologi AI di masa kini akan dimanfaatkan oleh Paul McCartney untuk membuat lagu terakhir The Beatles. Direncanakan lagu ini akan dirilis pada akhir tahun 2023.

Melalui teknologi AI, suara John Lennon akan diolah menjadi rekaman terakhir The Beatles. AI bisa memisahkan suara John Lennon dari kaset demo lama yang terdengar kurang jelas.

“Kami baru saja menyelesaikannya, akan dirilis tahun ini. Ini akan menjadi rekaman terakhir The Beatles,” kata Paul McCartney bersama Ringo Starr, dalam wawancaranya bersama BBC Radio 4′ Today Programme.

Lagu Terakhir The Beatles Akan Dirilis Menggunakan AI

Belum diketahui lagu mana yang akan disiapkan untuk menjadi lagu terakhir yang dirilis The Beatles. Namun, beredar kabar lagu yang akan dirilis adalah ‘Now and Then’.

Lagu ‘Now and Then’ dibuat Lennon pada 1978 direkam mengguanakan kaset. Lagu tersebut belum siap dirilis karena masih ada beberapa bagian yang belum ada, seperti hanya  chorus, backing track, dan beberapa bagian verses.

Baca Juga: One Ok Rock Akan Konser 2 Hari di Jakarta!

Ide untuk merekam ulang lagu terakhir dari The Beatles ini diambil dalam dokumenter Get Back bikinan Peter Jackson. Dalam percakapan tersebut membahas penggunaan AI yang dapat memisahkan suara personil Beatles dari suara instrumen serta suara lainnya.

“Teknologi memberikan peluang lebih besar untuk memproduksi lagu,” kata McCartney.

LEAVE A REPLY