Liga Inggris Hingga Italia Berduka atas Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang

75

Tragedi yang menewaskan ratusan penonton di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, membuat sejumlah liga Top Eropa mengucapkan rasa belasungkawa. Bahkan, dalam satu laga Liga Eropa, diadakan kegiatan mengheningkan cipta di tengah lapangan.

Sepakbola Indonesia tengah berduka akibat kerusuhan yang terjadi dalam Liga 1 Indonesia antara Arema Malang vs Persebaya, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). Ini merupakan sejarah terkelam bagi persepakbolaan Tanah Air.

Pasalnya, saat ini sudah ada 130 orang yang dinyatakan meninggal karena tragedi di Stadion Kanjuruhan tersebut. Indonesia menjadi negara kedua tertinggi dalam daftar kematian pertandingan sepakbola.

Sejumlah liga serta klub-klub di Eropa pun turut menyampaikan rasa dukanya atas tragedi sepakbola di Indonesia. Mereka turut berempati terhadap para penonton yang meninggal dunia di stadion, hingga mengguncang persepakbolaan dunia.

@Premierleague

“Pikiran semua orang di Liga Premier bersama mereka yang terkena dampak peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan tadi malam,” tulis akun @premierleague dalam Twitter.

“Menyampaikan belasungkawa dan pikiran kami kepada para korban, keluarga dan semua orang yang terkena dampak tragedi di Malang, Indonesia,” tulis mereka di Twitternya @SerieA_EN.

“Hati dan pikiran kami bersama keluarga dan kerabat para korban yang meninggal dan terluka akibat bencana yang terjadi di Kanjuruhan,” tulis di akun @Ligue1_ENG.

Baca juga : Suara Terbaik Di Dunia, Freddie Mercury

Selain itu, klub-klub besar Eropa seperti Manchester United hingga Liverpool pun juga ikut berbelasungkawa atas tragedi olahraga di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, yang menewaskan ratusan orang.

“Kami sangat sedih mengetahui peristiwa di Malang di Stadion Kanjuruhan Indonesia hari ini Bersama dengan semua orang yang menemukan koneksi melalui sepak bola, kami berduka cita untuk semua orang yang terkena dampak tragedi ini.”

“Manchester United sangat berduka atas tragedi di Malang, Indonesia. Kami mengirimkan belasungkawa tulus kami kepada para korban, keluarga mereka, dan semua orang yang terkena dampak.”

Di LaLiga melakukan minute of silence atau mengheningkan cipta selama satu menit sebagai bentuk belasungkawa tragedi Kanjuruhan.

Laga antara Espanyol dan Valencia berkumpul di tengah lapangan sambil mengheningkan cipta yang juga diikuti juga oleh para fans yang datang ke Cornella-El Prat Stadium.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah