3 Tahun Dicuri, Lukisan Van Gogh Rp 98,7 M Ditemukan di Tas IKEA

126
Lukisan Van Gogh Rp 98,7 M Ditemukan di Tas IKEA Usai 3 Tahun Dicuri

Setelah hilang selam tiga tahun, akhirnya lukisan Vincent Van Gogh kembali ditemuin. Menariknya, lukisan berusia lebih dari satu abad itu ditemuin di tas belanja IKEA.

Lukisan Vincent Van Gogh hilang akibat dicuri pada saat pandemi 2020 lalu. Pencurian ini sempat menggemparkan, pasalnya lukisan berjudul ‘Parsonage Garden at Nuenen in Spring 1884’ itu memiliki harga Rp 98,7 miliar.

Lukisan Van Gogh nampilin seorang pria berdiri di sebuah taman yang dikelilingi oleh pohon-pohon. Ada latar belakang menara gereja dalam lukisan tersebut.

Awal mula lukisan tersebut dicuri terjadi saat mau dipinjemin ke museum dekat Amsterdam. Tapi, kini lukisan yang harganya hampir ratusan miliyar tersebut akhirnya kembali setelah 3,5 tahun.

Ditemuinnya lukisan Van Gogh di tas belanjaan IKEA yang berwarna biru. Seorang yang ga dikenal nyerahin tas belanjaan IKEA itu ke detektif seni, Arthur Brand.

Arthur Brand ini dikenal sebagai sosok Indiana Jones yang terkenal melacak berbagai kasus pencurian dalam skena seni rupa.

Tapi saat ditemuin, ada beberapa kerusakan dari lukisan itu. Ada sedikit goresan dari lukisan tersebut karena suhu panas.

“Kondisinya rusak karena goresan sehingga tidak dalam kondisi sempurna, tapi bisa diperbaiki,” kata Direktur Museum Groninger, Andreas Bluhm, kepada AFP.

“Saat dimasukkan ke dalam tas IKEA, tentu panas, jadi kondisinya tidak ideal. Itu sudah tiga setengah tahun menderita,” lanjutnya.

Baca Juga: Backburner Relationship Bisa Jadi Momok Menakutkan

Saat ini lukisan Van Gogh sudah dikembaliin ke Museum, di Amsterdam. Dibutuhin waktu berbulan-bulan buat benerin masalah dari lukisan tersebut akibat pencurian.