Mengenal Imagery Rehearsal Therapy with Sound, Cara Ampuh Atasi Mimpi Buruk

72
Mengenal Imagery Rehearsal Therapy With Sound, Cara Ampuh Atasi Mimpi Buruk

Adakah diantara Hard Rockers yang sering mengalami mimpi buruk? Atau bahkan selalu mimpi buruk setiap kali lo tidur?

Bagi Hard Rockers yang sering mengalami mimpi buruk, lo harus berhati-hati. Pasalnya bunga tidur yang tidak mengenakan tersebut bisa merusak pola tidur. Lebih parah lagi bisa mengganggu kesehatan khususnya bagi orang yang punya masalah mental seperti gangguan cemas dan depresi.

Sekarang lo tidak perlu khawatir, sebuah studi telah menemukan cara ampuh untuk mengatasi mimpi buruk yang terus menghantui. Studi menemukan bahwa memainkan suara dalam memori seseorang dikaitkan dengan hasil positif selama fase rapid eye movement (REM). Kondisi tersebut suksek menurunkan risiko mimpi buruk hingga empat kali.

Mengenal Imagery Rehearsal Therapy With Sound, Cara Ampuh Atasi Mimpi Buruk

Studi menjalankan imagery rehearsal therapy (IRT) with sound dengan membuat ulang mimpi dengan cara yang positif sambil diiringi sebuah suara. Dalam praktiknya, stufi mengikutsertakan 36 orang peserta dengan gangguan mimpi buruk.

Sebanyak 18 orang di antaranya mendapatkan intervensi suara piano saat mencoba membuat ulang mimpinya. Sementara 18 lainnya tidak mendengarkan suara apa pun. Hasilnya, studi yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology ini menemukan bahwa suara memberikan efek pada fase REM.

“Perkembangan ini menjanjikan. Tampaknya menambahkan suara yang tepat selama tidur REM menambah efek IRT yang merupakan standar terapi yang digunakan saat ini,” kata Timothy Morgenthaler, pemimpin studi dari American Academy of Sleep Medicine, melansir CNN (29/11/22).

Mengenal Imagery Rehearsal Therapy With Sound, Cara Ampuh Atasi Mimpi Buruk

Tidak hanya itu, imagery rehearsal therapy (IRT) with sound ditemukan dapat mengurangi suasana hari dan kualitas tidur. Kelompok yang mendengarkan suara piano itu juga melaporkan pengalaman mimpi yang lebih menyenangkan dibandingkan kelompok lain.

Baca Juga: Volkswagen Produksi Kursi Kantor Unik Seperti Mobil Dengan Fitur Canggih!

Cara tersebut bisa lo coba sebelum tidur Hard Rockers!

 

Penulis: Fadia Syah Putranto