Mengintip Mitos dan Harga Warisan Kerajaan Inggris “Berlian Kohinoor”

30
Mengintip Mitos dan Harga Warisan Kerajaan Inggris “Berlian Kohinoor”

Sejak meninggalnya Ratu Elizabteh II, salah satu warisa kerajaan Inggris yaitu mahkota dengan berlian Kohinoor berhasil mencuri perhatian publik.

Mahkota yang selalu dipakai Ratu Elizabeth II dalam setiap acara kerajaan pun akan diwariskan kepada permaisuri Raja Charles III, Camilla yang dijuluki Duchess of Cornwall. Mahkota itu bertakhtakan berlian terbesar di dunia dengan julukan ‘Mountain of Light”.

Mengintip Mitos dan Harga Warisan Kerajaan Inggris “Berlian Kohinoor”

Sepanjang sejarahnya, permata itu diperdagangkan di antara berbagai penguasa Hindu, Mongolia, Persia, Afghanistan, dan Sikh pada 1739 sampai 1849. Mitos yang beredar kala itu ialah setiap pangeran atau raja yang memiliki berlian kohinoor akan kehilangan kekuatannya bahkan nyawa.

Menariknya Kerajaan Golconda, Kekaisaran khilji, Kekaisaran Tughlaq, Kekaisaran Lodhi, Kekaisaran Mughal, Kekaisaran Maratha, Kerajaan Persia, Kekaisaran Durrani, Khanate Afghanistan, Kekaisaran Sikh seketika runtuh saat penguasa memiliki berlian kohinoor.

Mengintip Mitos dan Harga Warisan Kerajaan Inggris “Berlian Kohinoor”

Kini sejumlah negara tengah merebutkan Berlian Kohinoor sebesar 109 karat yang bernilai US$400 juta atau sekitar Rp6 triliun. Seperti diberitakan Vice, Berlian Kohinoor ini memiliki tingkat kemurnian 109 karat dan dipercaya merupakan yang termahal di dunia.

Terdapat tiga negara yang sempat mengklaim berlian kohioor seperti di bawah ini:

India

“Inggris berutang kepada kami. Namun, alih-alih mengembalikan bukti kekejaman mereka ke pemiliknya yang sah, Inggris memamerkan Kohinoor di mahkota Ibu Suri di Menara London,” tulis salah satu anggota parlemen India Shashi Tharoor.

“Berlian Kohinoor merupakan milik Sri Jagannath Bhagban. Namun sekarang berada di Ratu Inggris. Kami berharap Perdana Menteri [Modi] untuk melakukan langkah-langkah membawanya ke India,” kata Ketua Organisasi Shree Jagannath Sena, Priya Darsan Pattnaik dalam memorandum, mengutip dari NDTV.

Afghanistan

“Sejarah berlian itu menunjukkan berlian itu diambil dari kami ke India, dan dari sana ke Inggris. Kami memiliki klaim yang lebih baik daripada India,” ujar Faiz Ahmad Faiz, Kementerian Luar Negeri Taliban dikutip dari The Guardian.

Pakistan

“Kohinoor merupakan milik Provinsi Punjab dan diambil secara paksa oleh Inggris dari pemimpin lokal Duleep Singh (cucu dari Maharaja Ranjit Singh) kala ia 14 tahun, harus diberikan ke Pakistan,” kata pengacara yang membuat petisi tersebut Jawaid Iqbal Jaafry.

Baca Juga: Steve Aoki Rilis Album Terbaru Penuh Kolaborasi Berjudul “HiROQUEST: Genesis”

So, bagaimana tanggapan elo Hard Rockers sola mitos dan harga berlian kohinoor?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto