Seperti Film James Bond, Hacker Banjiri Kota Moskow Dengan Taxi

27
Seperti Film James Bond, Hacker Banjiri Kota Moskow Dengan Taxi

Hacker berhasil membuat dunia geger khususnya di Ibu Kota Rusia, Moskow. Pasalnya kota Moskow tiba-tiba dibanjiri oleh Taxi yang membuat banjir seperti di film James Bond.

Diketahui puluhan taksi online dari perusahaan Yandex Taxi mendadak membanjiri jalanan kota Moskow, Rusia tepatnya di wilayah Fili. Dengan kejadian itu, kemacetan besar pun tidak bisa dihindari di Ibukota Rusia tersebut.

Seperti Film James Bond, Hacker Banjiri Kota Moskow Dengan Taxi

Dilansir The Verge, seseorang diduga telah meng-hack sistem taxi tersebut lalu memesan puluhan taksi ke titik yang sama. Sehingga puluhan taksi menuju satu titik dan menyebabkan kemacetan. Kemacetan parah berlangsung kurang dari satu jam. Namun dmeikian, Yandex menegaskan akan memperbarui sistemnya sehingga serangan serupa tidak berulang.

“Pada pagi 1 September, Yandex Taxi mengalami serangan dari seseorang untuk mengganggu layanan -beberapa puluh supir taksi menerima pemesanan dari daerah fili,” kata Polina Pestova selaku juru bicara Yandex.

Seperti Film James Bond, Hacker Banjiri Kota Moskow Dengan Taxi

Hingga saat ini, Yandex belum mengonfirmasi identitas penyerang sistem mereka. Namun aktivis hacker, Anonymous mengklaim bertanggungjawab atas serangan tersebut lewat akun Twitter mereka. Anonymous mengaku bekerjasama dengan IT Army of Ukraine.

Mereka adalah sebuah kelompok bersifat longgar yang pendiriannya dibantu Perdana Menteri Mykhailo Fedorov ketika Rusia pertama kali menginvasi Ukraina. Anonymous sendiri telah mendeklarasikan perang siber kepada Rusia awal tahun ini dan kemudian mengklaim telah membajak beberapa kanal tv Russia.

Baca Juga: Deretan Mobil Mewah yang Bisa Pakai Pertalite, Kok Bisa?

Sebelumnya, Anonymous juga mengklaim beberapa kali meretas situs-situs resmi milik pemerintah Rusia. Salah satunya adalah stasiun tv resmi Rusia yang diserang Anonymous dengan menampilkan bendera dan musik Ukraina.

 

Penulis: Fadia Syah Putranto