Sony Hadirkan Stik PS5 untuk Penyandang Disabilitas

33
Sony Hadirkan Stik PS5 untuk Penyandang Disabilitas

Hard Rockers, Sony baru saja merilis Project Leonardo yaitu stik PS5 yang dibuat khusus untuk penyandang disabilitas.

Menariknya, produk inovasi dari Sony itu memiliki bentuk yang berbeda apada stik PS5 biasanya. Diungkap dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2023 stik PS5 berbentuk  bulat yang bisa dipakai terpisah di dua tangan yang berbeda dari joystick PlayStation yang selama ini dikenal.

Desainer Sony So Morimoto menjelaskan desain Project Leondardo merupakan hasil konsultasi dengan para pakar dan melewati banyak tes. Kemudian mengutip dari GSM Arena, stik itu memiliki dasar yang cukup besar sehingga bisa diletakkan di atas meja yang rata dan tersedia dalam beberapa ukuran sesuai kebutuhan atau kenyamanan pemain.

Sony Hadirkan Stik PS5 untuk Penyandang Disabilitas

“Tim kami menguji lebih dari belasan desain dengan pakar aksesibilitas, mencari pendekatan yang akan membantu mengatasi tantangan utama untuk penggunaan pengontrol yang efektif,” demikian dikutip dari Blog PS.

Lebih lanjut, seorang pemain dapat menggunakan satu atau dua pengontrol. Pengontrol DualSense bisa ditambahkan untuk melengkapi keseruan bermain. Dengan cara ini, dua hingga tiga pengontrol dapat digabungkan menjadi satu pengontrol virtual.

Sony Hadirkan Stik PS5 untuk Penyandang Disabilitas
Hal unik dari stik satu ini, setiapProject Leonardo bisa dimodif sesuai kebutuhan. Misalnya, menukar tombol yang tepat. Pemetaan tombol dan konfigurasi lainnya disimpan di profil pemain dan bisa sampai tiga setingan.

Baca Juga: Penunjuk Jalan Terbaik, Google Maps atau Waze?

Beberapa tombol memang bisa untuk fungsi yang sama, atau sebaliknya dua fungsi dapat ditempatkan ke tombol yang sama. Contohnya saat game mengharuskan pemain menekan R2 dan L2 bersamaan.

Dengan hadirnya produk inovasi ini membuat setiap kalangan bisa memainkan game khususnya PS5 Hard Rockers!

 

Penulis: Fadia Syah Putranto