Spotify Ajak Steve Aoki Dalam Uji Coba Fitur NFT

40
Spotify Ajak Steve Aoki Dalam Uji Coba Fitur NFT

Platform streaming musik, Spotify baru-baru ini ajak Steve Aoki dalam uji coba fitur non-fungible token atau NFT untuk sejumlah pengguna Android di Amerika Serikat.

Dalam uji coba tersebut terdapat pratinjau NFT sejumlah artis, di antaranya Steve Aoki dan The Wombats.Fitur NFT yang sedang diuji coba memungkinkan pengguna untuk mengakses merchandise atau tiket artis kesukaan mereka melalui halaman profil artis tersebut.

Spotify Ajak Steve Aoki Dalam Uji Coba Fitur NFT
“Spotify sedang menjalankan tes di mana itu akan membantu sekelompok kecil artis mempromosikan NFT pihak ketiga mereka melalui profil artis mereka,” kata juru bicara Spotify kepada MusicAlly mengutip dari CNN Indonesia Kamis (19/0522).

“Kami secara rutin melakukan sejumlah tes dalam upaya meningkatkan pengalaman artis dan penggemar. Beberapa dari tes tersebut akhirnya membuka jalan bagi pengalaman yang lebih luas dan yang lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran yang penting,” tambahnya.

Spotify Ajak Steve Aoki Dalam Uji Coba Fitur NFT

Seperti yang sudah diketahui bahwa tren kripto dan NFT membuat berbagai industri turut bergabung ke dalamnya. Akan tetapi tren yang cukup digandrungi ini tampak mulai menurun beberapa waktu ke belakang.

Penjualan harian NFT turun cukup signifikan dari 225 ribu transaksi pada September 2021 menjadi hanya 19 ribu transaksi pada 3 Mei 2022 menurut Menurut The Wall Street Journal. Angka wallet NFT yang aktif juga mengalami penurunan drastis dari 119 ribu wallet pada November 2021 menjadi hanya 14 ribu wallet pada akhir April 2022.

Spotify Ajak Steve Aoki Dalam Uji Coba Fitur NFT
Melansir The Verge, ketika membuka halaman artis, pengguna akan melihat galeri NFT di atas header dan daftar lagu artis tersebut. Jika pengguna mengklik pada galeri NFT, pengguna akan melihat koleksi NFT secara lengkap yang jika diklik salah satunya akan menunjukkan versi besar disertai deskripsi singkat.

Baca Juga: Apple Telah Tersingkir Sebagai Perusahan No. 1 di Dunia

Tidak hanya itu, Spotify juga memberikan opsi “See More” yang akan mengarahkan pengguna ke halaman NFT di OpenSea, platform untuk membeli aset NFT tersebut. Meski begitu, sejauh ini Spotify baru mendukung NFT dalam bentuk gambar statis dan belum mendukung NFT bergerak seperti video maupun GIF.

Bagaimana tanggapan elo Hard Rockers?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto