TikTok Uji Coba Fitur Sleep Reminders, Seberapa Efektif?

26
TikTok Uji Coba Fitur Sleep Reminders, Seberapa Efektif?

Platform jejaring sosial TikTok dikabarkan sedang menguji coba fitur terbaru yaitu sleep reminders untuk pengguna kedepannya.

Seperti laporan Business Standard, cara kerja fitur sleep reminders akan membuat pengguna bisa mengatur alarm saat tidur dan mematikan notifikasi saat tidur selama tujuh jam sesuai dengan waktu yang direkomendasikan.

TikTok Uji Coba Fitur Sleep Reminders, Seberapa Efektif?

Rencananya, fitur tersebut akan muncul di bawah setelah ‘screen time’ dalam aplikasi dengan opsi baru ‘sleep reminders yang akan ditampilkan ke pungguna. Tujuannya adalah untuk membantuk pengguna mengetahui waktu tidur dan tidak diganggu dengan notifikasi yang muncul selama mengaktifkan sleep reminders.

TikTok memang terus mengembangkan cara baru dalam ha meningkatkan kualitas hidup pengguna dan alat ini meluaskan fitur-fitur serupa lainnya di dalam aplikasi yang telah ada lebih dahulu. Pada Februari 2020, TikTok telah meluncurkan alat pengatur screen.

Melansir Techcrunch kemampuan TikTok untuk mengikat penggunanya berjam-jam telah menjadi beberapa obyek penelitian psikologis. Salah satunya dibuat oleh Troy Smith dari University of Trinidad and Tobago.

TikTok Uji Coba Fitur Sleep Reminders, Seberapa Efektif?

“Meskipun kebanyakan pengguna sepertinya menggunakan TikTok tidak dengan cara yang problematis, studi ini menunjukkan risiko penggunaan berlebih dan problematik tetap ada, hal itu berkaitan dengan perilaku mirip kecanduan yang bisa berpotensi berdampak negatif kepada kehidupan sehari-hari penderitanya,” kata Troy.

Baca Juga: Penjualan Sneakers Menurn Selama Satu Tahun Terakhir

Menurut Hard Rockers apabila diluncurkan fitur sleep reminders, bisakah untuk mengurangi kecanduan scroll TikTok?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto